Langsung ke konten utama

ala Chef

Hi!
Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini.
jari luka
Tadi waktu masak ada drama!
darah di cangkang telor
Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^
Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya ngalir  terus. Nah karena Z mulai takut, akhirnya bilang ke papa, "pa tolong beliin hansaplast dong, jarinya kena pisau"
Papa langsung ke dapur dan demi ngeliat darah yang banyak, langsung ke apotik di dekat toko beli betadine dan hansaplast. Duh, gak lagi-lagi deh ngga dengerin omongan papa.
Itu drama dapur hari ini. ini juga ngetiknya ga pakai jari telunjuk karena perih. Hhehehhe kapok >,<

Btw tadi masak sop telur jagung sama mie seblak tenggiri. Nih z bagiin resep ala Chef!

sup telor jagung
Sup Telor Jagung
Judulnya agak aneh ya? Tapi ya sudahlah. Intinya kalau masak dirumah adalah manfaatkan apa yang ada di dapur dan di kulkas. Gak perlu mikir ribet mau masak apa atau ribet gugling resep masakan. Just do a simple trial and error.

Bahan:
  • Telor ayam 5 butir (Papa, Mama, Z dan Om Adun kalau dia ke toko dan makan. Biasanya suka mampir buat pup doang sih)
  • Jagung manis 1buah (ini juga nemu di kulkas, kalau gak ada bisa diganti sama brokoli, bakso, sosis dll)
  • Jamur kancing (jamur yang bulat, di supermarket biasanya ada yang kalengan gitu)
  • Daun sup, daun bawang, bawang merah 3 siung, cabe hijau keriting 3 buah diiris tipis
  • Bumbu sup mama (nemu di kulkas, gak tau apa aja komponennya >,<)
  • Tomat di potong dadu
  • Bawang putih di keprek (digetok sampai bawangnya gepeng)
  • Saus tiram, kecap, saus tomat, air, gula, garam secukupnya

Cara masak:
  1. Tumis bawang merah dan cabe hijau. Setelah wangi masukkan bawang putih yang sudah di keprek. Lalu masukkan bumbu sup mama. Setelah wangi hingga hidung bersing-bersin, masukkan jamur kancing. Tuangkan kecap, saos tomat dan saus tiram sambil diaduk rata. Hati-hati jangan sampai gosong, pakai api kecil aja.
  2. Tuangkan air sedikit agar bumbu tidak gosong. Tambahkan garam dan gula, setelah dicoba dan rasanya pas baru masukkan sekitar 1,5 gelas air lagi.
  3. Setelah di aduk dan bumbu nya larut, masukkan telur 5 butir. Jangan diaduk biar kuning telurnya ga berantakan. Masukin telurnya sengaja dari awal sebelum airnya mendidih biar bumbunya lebih meresap kedalam telur.
  4. Setelah telur mulai keliatan bentuknya, masukkan jagung manis. Masak sekitar 3-4 menit, lalu matikan api kompor. Tambahkan daun sup dan daun bawang, lalu aduk. Daun-daun kaya gini, kalau bisa jangan dimasak lama-lama biar ga layu di kuali.
  5. Terakhir hidangkan kedalam wadahnya, lalu taburkan tomat yang sudah di potong dadu. Siap untuk disajikan!

Mie seblak tenggiri
Seblak itu adalah jajanan khas Bandung. Biasanya sih yang z suka kerupuk basah yang ditumis dengan telor dan sayur.
mie seblak tenggiri
Bahan:
  • Kerupuk tenggiri (ini nemu diatas kulkas, kalau ga salah oleh-oleh wali murid mama dari Aceh. Tapi kalau gak ada bisa diganti dengan kerupuk lain kok)
  • Jagung manis
  • Mie telor atau indomie yang udah direbus dan ditiriskan. Bumbu mie nya jangan dipakai biar tetap sehat, kekekke ^^
  • Bawang merah 1 siung, bawang putih setengah siung, cabe hijau keriting 2 buah diiris tipis
  • Saus tiram, saus tomat, kecap, garam, gula dan air secukupnya
  • Tomat potong dadu
  • Jeruk nipis
  • Telor ayam 1 butir
  • Sambel tempoyak atau sambel asem durian, ini juga nemu dari dapurnya mama

Cara buat:
  1. Tumis cabe hijau sama bawang merah. Kalau udah wangi, tambahin air secukupnya. Masukin kecap, saus tiram (selalu suka dan ngerasa makanan apapun kalau dikasih saus tiram pasti enyaaakkk) sama saus tomat. Btw nambahin airnya dikitttt banget aja, biar ga gosong bumbunya.
  2. Terus, masukin telor ayamnya, diorek. Maksudnya diaduk-aduk gitu telornya biar nyatu sama bumbu.
  3. Tambahin gula sama garam secukupnya. Terus kalau telornya udah mulai mateng tambahin air setengah gelas, sambil di aduk terus biar ga ngegumpal.
  4. Kalau udah mulai mendidih masukin deh mie nya. Aduk sampai merata, hidangkan mie (mie nya aja loh, telur orek nya sisain dikit di kuali. Kan mau bikin seblaknya) di piring saji. Taburkan tomat diatasnya, biar lebih seger kasih jeruk nipis juga ya. Btw hati-hati motong jeruk nipis nya, jangan sampai motong jari juga yaaa, hhihihi ^^
  5. Terakhir, sisa orek telornya ditambahin air setengah gelas, lalu tunggu sampai agak mendidih dan masukin deh kerupuk tenggirinya. Di aduk-aduk sampai kerupuknya lembek dan kepecah-pecah. Terus jangan lupa tambahin sambel tempoyak, pasti wangi deh. Tapi sebelum disajikan jangan lupa diicip dulu, garem sama gulanya kerasa apa ngga. Kalau kurang kerasa ditambahin sampai rasanya pas. Tapi jangan kebanyakan makan yang asing loh, ntar darah tinggi jadi repot >,<
  6. Terus cara penyajiannya tinggal dituang deh diatas mie nya. Jadi agak berkuah dikit. Inget makan seblak itu enaknya waktu masih panas atau anget, soalnya kalau udah dingin kerupuknya bakalan mengeras gitu.


Itu makanan ala Chef hari ini. hahahha, perih lukanya masih kerasa. Tapi makan selalu ngasih kebahagiaan yang lebih kok ^^



langit dari samping rumah pagi ini ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d