Langsung ke konten utama

alasan kenapa males ngikutin buka bersama diluar

hoola!
Bulan ramadhan udah berlalu 9hari! Dan saya masih di kosan. Baru saja terlepas dari UAS yang sangat tidak terduga dan sukses membuat hati ketar ketir, sekarang masih disibukkan dengan kejar target skripsi. Berencana pulang kerumah insyaallah tanggal 29 juni paling cepet. Doakan semoga bisa lebih cepet lagi.
Mau sedikit membahas printilan bulan ramadhan yang beberapa waktu ini membuat saya merasa ngga enakan. Ini tentang acara buka bersama, bubar atau bukber bahasa gaulnya.
Sebenernya dengan dalih, silaturrahim, tidak ada yang salah dengan acara kumpul dan makan bersama selepas magrib ini. Karena toh makan nya insyaallah dengan makanan yang halal dan diwaktu yang sudah diperbolehkan untuk makan (selepas azan magrib) dan tentunya makanan yang dipesan sudah dibayar. Plus nya makan ngga sendirian tapi ramean sama teman teman. Lalu apa yang membuat saya dan mungkin beberapa orang lainnya terkesan males menanggapi undangan buka bersama ini?
mari kita rinci.
  1. seringkali tiap ada acara buka bersama, solat magrib terbengkalai atau tidak senikmat solat magrib yang biasanya. Karena biasanya (berdasarkan pengalaman pribadi) acara buka bersama diadakan di tempat makan yang kadang fasilitas tempat solat nya sangat terbatas sehingga harus buru-buru agar orang lain juga bisa solat, atau harus mengantri untuk bisa solat. Terbengkalainya solat maghrib ini kadang juga disebabkan karena sibuk bercengkarama, cerita cerita cantik, ngobrol ngalor ngidul sampai karena alasan ngabisin makanan dulu. Bukannya bersikap sok alim atau apalah, tapi buat saya yang iman nya masih terbata bata ini, bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu penuh harap untuk bisa memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah, saya ngga mau dong rugi kehilangan nikmat nya magrib hanya karena buka bersama.
  2. seringkali acara buka bersama jadi ajang pamer dan kepo secara tidak langsung. Ada yang pamer pencapaian kerja nya, ada yang ngga sengaja ngobrolin rencana nikah nya, ada yang ngga sengaja ngobrolin kuliahnya dan seterusnya. Ada aja yang bakalan iseng nanyain, dateng sama siapa? udah kerja dimana? kapan nikah? kapan punya anak? kapan wisuda? dan seterusnya. Buat orang yang sedang sensitif dengan pertanyaan kapan wisuda? skripsi udah sampai mana? ngapain aja kok skripsinya telat dan seterusnya, saya memilih untuk menghidari bibit rasa sedih dan keki ini dengan tidak datang ke acara kumpul kumpul buka bersama.
  3. kadang yang dateng ke acara buka bersama itu adalah beberapa kelompok orang yang punya temen gaul nya sendiri sendiri. Jadi ketika kumpul mereka sudah punya obrolan sendiri, krik krik krik dong kalau saya, outsider tiba tiba nimbrung, yang ada malah saya jadi diam diam sendiri karena ngga ngerti mereka ngobrolin apa.
  4. sama seperti solat magrib, biasanya ngikutin acara bukber ini ngebikin solat isya dan taraweh jadi ketinggalan. Kadang pulang bukber udah lewat waktu azan isya, karena keasikan ngobrol jadi ga berasa tau tau udah selesai taraweh di mesjid, nyampe rumah udah capek dan ngantuk dan males buat solat taraweh sendiri. Lagipula, senikmat-nikmatnya solat taraweh sendiri dirumah, lebih afdhol solat taraweh bareng imam di mesjid. Plus bisa dengerin kajian ramadhan buat nambah ilmu agama.
  5. biasanya, pengeluaran buat buka bersama lebih besar dibandingkan kalau buka sendiri dirumah. Yah secara buka bersama biasanya ditempat yang fancy, gaul dan cozy yang otomatis biaya makannya lebih besar dibanding kalau beli makanan sendiri dirumah. Lebih males lagi kalau biaya yang dikeluarin ternyata ngga seimbang sama rasa makanan yang disediain. Mau complain gimana, ngga complain gimana. Buat saya, mahasiswa tingkat akhir yang ngekos di Bandung, keseringan ngikutin buka bersama kaya gini ngga baik buat kondisi keuangan.
  6. saya ini perempuan, hidup di rantau orang. Saya sedang dalam proses berusaha meminimalisir pulang malem. Karena selain ga baik buat anak gadis pulang malem sendirian, ngga baik juga buat kesehatan. Kesehatan mu itu loh. Emang sih bisa aja minta tolong temen buat nganterin pulang ke kosan, tapi kaan krik krik. Pengalaman saya, kalau minta tolong teman buat pulang bareng, paling ngga harus nungguin mereka dulu yang entah mau pulang jam berapa karena masih sibuk ngobrol, ngga mungkinkan saya maksa maksa buat dianterin duluan baru dia lanjut ngobrol lagi.
 itu beberapa alasan kenapa saya males buat ikutan buka bersama diluar. Bukan bermaksud sok sok an atau sombong, tapi saya hanya sedang belajar buat mementingkan yang penting, sedang belajar buat memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah. Saya ngga masalah kalau buka bersama dirumah, apalagi kalau dirumah saya sendiri, ngundang teman-teman buat buka bersama dirumah atau buka bersama di mesjid, selain insyaallah ngga mengganggu waktu solat (karena kalau dirumah dan di mesjid, solat magrib isya dan taraweh bisa dilakukan berjamaah), lebih terjaga karena dirumah juga ada papa mama. Jadi insyaallah ngga akan aneh aneh. Begitulah, semoga ramadhannya berkah dan ngga ternoda dengan pekerjaan yang sia sia. Aamiin

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d