Langsung ke konten utama

Efek rawat inap sepuluh hari!






Assalamualaikum!
Hallo!
Hi!

MasyaAllah seneng banget! Bahagia luar biasa lahir batin saat ini, setelah sekian lama gak bisa nulis di blog lagi. Walaupun ngga ada juga yang baca selain diri Zi sendiri, wqwqwqwq
Tapi ayo iziinkan Zi menulis.
Nah, ceritanya ini tentang betapa beruntungnya Zi selama ini. Jadi beberapa waktu yang lalu Zi dapet waktu istirahat dari Allah sampai nginap di rumah sakit selama 10 hari! Guys, 10hari bukan waktu yang sebentar dan kalau dihitung-hitung habis biaya yang ngga sedikit (lebih dari Rp10.000.000). Kalau dari segi ekonomi pasti Zi rugi banyak, tapi kerugian ekonomi yang Zi rasakan benar-benar ngga sebanding dengan banyak sekali pengalaman dan langkah perubahan yang Zi (akan) lakukan sekarang. Selain itu dengan rugi secara ekonomi yang sangat tidak sedikit buat ukuran Zi, Zi jadi menyadari kalau ternyata selama ini ada banyak hal yang harusnya Zi syukuri. Mungkin Allah sedang menampar Zi keras-keras buat sadar kalau ternyata selama ini Zi kurang bersyukur. Nah ini dia:

1.      Saat kamu sakit, kamu menyadari sehat itu mahal.
Itu pelajaran pertama. Keluarga Zi bukan keluarga yang "kaya" jadi waktu tiba-tiba dirawat di rumah sakit (terlebih rumah sakit swasta) dalam waktu yang lama yah Zi ngerasain gimana mama papa bingungnya buat nyariin biaya pengobatan. Membuat Zi merasa bersalah. Terutama lagi karena kebetulan pada saat Zi masuk rumah sakit, Kiki pun tiba-tiba sakit dan kaki nya harus operasi kecil. Walaupun dia ngga harus rawat inap tapi dengan kondisi ZI sakit di Bandung dan Adek sakit di Padangpanjang, sudah lebih dari cukup untuk membuat mama papa kelimpungan. Makanya jaga kesehatan coy!
2.       Jadi lebih inget mati
Heheheh, bukannya gimana-gimana tapi waktu Zi sakit Zi sempat ngalamin rasanya ketindihan. Tau ngga? Itu kondisi dimana kamu lagi tidur nih terus pengen bangun, kamu sadar tapi gabisa gerakin badan apapun, sekalipun udah komat-kamit baca ayat kursi dan ngucap tapi tetap aja badannya gabisa digerakin. Sebelumnya Zi gak pernah ngerasain kaya gitu jadi waktu ngerasain panik banget, dan habis ketindihan itu langsung lemes. Wqwqwqwq, makanya Zi bilang jadi lebih inget mati.
Udah gitu Zi ngalamin semacam shock therapy. Jadi waktu lagi nunggu obat sebelum keluar rs, Zi kan udah lepas infus tuh, udah bisa bolak-balik kamar mandi sendiri dan dengan wajah yang sangat amat senang. Nah dikamar Zi itu, di tirai depan dua hari sebelumnya ada nenek-nenek yang masuk disana, Zi gatau nenek itu sakit apa. Waktu Zi mau ke kamar mandi, neneknya nyapa dan senyum gitu bilang gini,
N:  “udah bisa ke kamar mandi sendiri ya? Kapan pulang?”
ZI: “iya nek, insyaallah nanti. Hehhehe” (sambil senyum-senyum gitu)
Eh taunyaaaaaaaaaaaa, pas Zi duduk nungguin obat hari terakhir tiba-tiba keluarga si nenek nangis-nangis dan panik manggil suster dan dokter. Dari yang Zi denger sih, anaknya nenek itu Cuma ninggalin bentar dan ngeliat si nenek tidur, pas balik dibangunin, neneknya udah ngga bangun lagi L
ZI beberapa menit sebelumnya masih ketemu nenek itu, ternyata malaikat maut tadi sedang bertandang di dekat Zi......
Sejak itu sebenernya Zi jadi takut mati, takut soalnya tau diri belum punya amal apapun. Jadi sekarang waktunya lebih memperbaiki ibadah. Sholatnya harus diawal waktu, ngajinya mesti dipaksain tiap hari, sesibuk apapun. Harus jadwalin buat ibadah! Kalian juga ya, umur emang ga ada yang tau dan kematian itu adalah hal yang paling pasti dan paling deket dengan kita.
Sama ini satu lagi, ini mah bukannya mau ngajarin atau nyombong, tapi Zi lagi belajar buat ngurangin ngeluh sama oranglain terutama di medsos, wqwqwqwq. Simpel aja sih, ngeluh di medsos teh tujuannya buat apa coba? Biar orang-orang pada tau masalah kita? Terus kalau mereka tau mereka bisa apa? Kan mereka ngga ngebantuin kita juga, yah setuju sih biar lebih lega kita harus menyalurkan emosi yang ada di diri kita dengan cara yang menurut kita baik, but hey we have God! Kita punya Allah gitu, kalau mau nangis sampai jejeritan juga waktu habis solat ya udah jejeritan weh, nangis sesenggukan juga gapapa, ngga bayar dan hati tetap plong. Allah ngerti segala bahasa kok, Zi juga kalau doa ga pakai bahasa Arab. Hahhahaah ZI juga dulu pernah galau dan nunjukin dimana-mana kegalauan Zi kok, tapi sekarang lagi usaha keras buat ngurangin itu. Kalau mau curhat ya curhat seperlunya sama mama atau orang-orang yang Zi percaya, kalau curhat lebay-lebay mah maunya sama Allah aja. Tapiii beda ya coy kalau Zi suka nulis dan berpuisi galau-galau terus share di medsos, Zi mah ngga niat sama sekali orang-orang buat ngomentarin hidup Zi. Buat Zi berpuitis ria itu adalah hobi, nulis dan curhat kaya gini di blog ya hobi. Kalau ada yang baca ya silahkan, kalau ngga juga ga masalah. Kalau mau ninggalin komentar ya silahkan, ngga diambil pusing.
Belakangan kalau nulis atau ngomong mulai kebawa-bawa aksen sunda, wqwqwq maafkan keikut arus. Jadinya kalau ketemu orang minang di bandung tuh bawaannya pengen pakai bahasa minang terus, walaupun teteup dengan logat sunda. Khawatir lupa ngomong bahasa minang totok. Hahhaha, soalnya suka takut salah kalau nulis pakai bahasa minang, nanti ah kapan-kapan Zi cobain nulis di blog pakai bahasa minang. Hahhaha
3.       Jadi lebih hemat!
ZI keluar uang banyak bangettttt parah. Yah yang nyari uang papa sama mama sih tapii coooyyyy, Zi bukan orang kaya yang punya simpanan banyak banget. Yang kalau tiba-tiba masuk rumah sakit bayar mendadak sekian puluh juta uangnya langsung ada. Pokoknya Zi bertekad mulai sekarang harus hemat dan bisa nabung sedikit demi sedikit, jadi kalau ada keperluan mendadak, Zi punya uang sendiri. Jadinya kalau minta ke mama papa ngga langsung banyak banget. Hehehhe, telat banget ya Zi baru mau maksain diri buat nabung dan hemat dari sekarang? Gapapalah telat daripada ngga sama sekali. Sejujurnya Zi tuh gabisa ngatur keuangan dengan baik, selagi masih liat ada uang di dompet kalau pengen apa-apa langsung dijajanin. Mending kalau jajannya keliatan barangnya, ini jajannya makananaaan mulu. Jadi tai doang iya, wqwqwqwq terus ntar ngeluuuh aja ih kok gendut sih, jajan banyak, olahraga ngga suka, mau nya kurus. Itu Ziia! Wqwqwqwq, sekarang lagi belajar berubah. Hahhaha bantuin ngingetin ya kalau Zi mulai menyimpang lagi J
4.       Jadi lebih bersyukur!
ZI menyadari ternyata Zi punya banyak banget yang belum Zi syukurin sampai saat ini. Waktu Zi sakit yang ngurusin semuanya teman-teman Zi. ZI beneran jadi makin sayang dan cinta mereka.
Sebelum Zi masuk rs, Zi sempat demam dikosan. Dan Zi kalau udah sakit demam tuh lebay parah. Gabisa ditinggalin sendirian dikosan, soalnya bisa ngigau. Jadi Geu selalu nemenin tidur dikamar Zi. Kemarin juga gitu, terus gara-gara Zi udah ngga kuat banget demamnya udah beberapa hari akhirnya Zi minta dianterin ke rs. Yang ngebawa Zi ke ugd borromeus Asangki sama Debo. Debo sampai pesenin gojek, parah Zi berutang budi sama gojek! Semoga gojek lancar jaya dan Zi kalau pakai gojek ikhlas deh bayar ngasih tip juga ke drivernya :”
Terus sampai di rs yang ngurusin administrasi Asangki, ditalangin dulu semua deposito rs pakai uangnya dia sampai Zi dapat kamar rawat inap. Terus Debo yang nelponin mama papa dan bg Yan. Terus waktu rawat inap Debo, Asangki, Eta, Bocah, Geu, Riri,  kak Erlin (pacarnya bg Yan) gantian nginap. Tidur di lantai rs kedinginan, nungguin Zi yang gabisa ngapa-ngapain, ngebantuin mandi waktu di rs, bolak-balik nganterin baju ke laundry, ngebeliin makanan yang bisa bantu memulihkan keadaan Zi dan banyak banget yang udah mereka lakukan buat Zi. Padahal mereka bukan saudara setali darah, kenal juga baru pas kuliah tapi ngebantuinnya beneran luar biasa. Ayuk Pinta sampai ngebantuin bawain biank ke BEC. ZI bersyukur banget dipertemukan Allah dengan sahabat-sahabat seperti mereka. Teman-teman SMA, teman-teman kuliah, adik-adik kelas, anak-anak kosan juga semua baik paraaaaah. Udah dateng jengukin, ngedoain, bantuin secara materi juga dan bawain makanan macem-macem padahal Zi mulutnya masih pait banget gabisa makan apapun, Zi bersyukur. ZI jadi ngerasa bersalah selama ini bersikap (mungkin pernah) nyakitin kalian, susah ngafal nama kalian, suka sombong, maksain pendapat Zi buat diterima dan jadi temen yang nyebelin banget, Zi minta maaf. Kedepannya kalau kalian butuh bantuan Zi, Zi akan berusaha maksimal buat bantu, kalau Zi ada yang salah-salah jangan ragu buat mengingatkan Zi ya teman-temaaaannn. ZI sayang kaliaaan :*
Sama ini, Zi respek banget sama profesi dokter dan suster. Mereka usaha keras belajar buat tau ilmu yang bisa bantuin orang-orang sakit, dan suster, kata siapa suster itu pembantunya dokter? Big NO! Suster Zi baik banget, mandiin di tempat tidur rs, bolak-balik cek infus, nenangin Zi waktu Zi nangis dan frustasi gara-gara belum dibolehin dokter buat pulang hari Rabu, nganterin makanan dan banyak lagi yang dilakukan suster. ZI jadi gak takut buat ke rs dan tidak berharap ke rs kok. Hahahhaha, tenang Zi juga respek sama profesi lainnya :”
Semangat para calon dokter dan suster!
5.       Jadi lebih jaga kebersihan, kesehatan dan tau diri sama batas fisik.
Kata dokter Zi dirawat gara-gara trombositnya rendah dan panasnya terlalu tinggi. ZI sekarang jadi alergi obat paracetamol sama amoxilin, padahal sebelumnya ngga pernah alergi itu. Kata dokter itu bisa jadi alergi kalau sistem imun tubuhnya sedang rendah. Yang menyebabkan imun tubuh gak bagus ya bisa jadi karena makan sembarangan dan kecapekan juga (Zi ga gitu paham penjelasan ilmiahnya). Intinya gara-gara sakit kemarin Zi jadi belajar dan berusaha buat tau batas fisik Zi kedepannya. Ngga semua kegiatan diikutin, ngga sering-sering begadang lagi. Btw, sekarang konsentrasi Zi masih belum bener, masih linglung. Ini aja Zi mendadak lupa mau nulis apa lagi, hahahahaha.
Kenapa Zi harus jaga kebersihan ya tadi? Emang selama ini Zi jorok? Hahhaha
Yah jaga kebersihan mah emang harus ya guys, rajin-rajin ngepel dan nyapu kamar tuh biar enak juga diliat kamarnya. Kebersihan sebagian dari iman kan.
Duh, asli! Gak enak banget kalau masih linglung gini, asa ada hal penting yang tiba-tiba hilang mendadak, capek mikirinnya tapi ntar kalau udah keinget jadi sakit hati sendiri. Ya udah ntar kalau inget Zi tambahin lagi tulisannya. Wqwqwqwq
Btw nulis di blog susah ya guys, ini Zi jadinya nulis di word dulu terus baru ntar di copas ke blog nya. Gara-gara di blog ribet ngatur font, numbering, dsb nya. Sekian dulu tulisan Zi, makasih udah bacaaaaa, yang bermanfaat diambil yang ngga maafkan Zi. Bye!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d