Langsung ke konten utama

Seumpama kisah Ibu

Ditengah hectic-hectic nya ngerjain quotation,
Lalu kemimpian yang menurut mama, mimpinya menunjukkan kebimbangan yang sangat,
Lalu mulai memasuki fase lelah sendiri dengan cara komunikasi ini,
Masih harus ditambah dengan kerinduan pada lingkungan ternyaman: pada Mama-Papa, Ayah-Ibu, Kak Uc-Kujit, Adek, Fik-Veggies-Gracie.

Akhirnya terlintas random thought seperti ini:

Seandainya aku dan kamu, --yang senantiasa berusaha menanggapi kalimat bersajak ku dengan kemampuanmu berkata-kata, yang jujur saja, seringpula terseok-seok karena bersikeras agar kita ada di satu frekuensi bahasa yang sama- yang bersama, saat ini, mungkin semua kalimat manisku akan berbalas. Hari-hari ku akan penuh dengan puisi. Akan sangat jarang sekali emoticon bermunculan di percakapan kita, bahkan saat aku tengah sedih atau kesalpun, tutur kata yang keluar adalah kalimat yang halus. Kamu akan memutar otak mencoba memahami arti sebenarnya dari kalimatku. Hingga kamu lelah lalu menyerah dan menanyakan langsung kepadaku. Tapi aku yakin, kamu akan selalu mengeluarkan effort lebih untuk menjadi satu frekuensi denganku terlebih dahulu. Layaknya berkomunikasi dengan anak kecil, kamu akan menurunkan banyak ego, sebanyak aku berusaha menyamai frekuensi denganmu, sebanyak itu pula, bahkan lebih, kamu menyamakan diri denganku.

Jika berkaca pada pengalaman Ibu, maka kita tampak seperti Ibu dan Om, yang dulu pernah beliau ceritakan padaku. Tapi kamu tau, Ibu dan Om pada akhirnya memilih jalannya masing-masing. Kelakar Ibu, "bayangkan jika ibu bersamanya, kapan pula ibu akan punya waktu untuk memasak, membereskan rumah, mengurus anak dan yang lainnya, jika setiap saat ibu akan terbuai oleh puisi?"
Pada akhirnya ibu memilih pada cinta yang lebih realistis. Meski entah kenapa, meski sepintas, aku merasakan ada rindu yang dalam untuk kembali menikmati masa berpuisi itu.

Melanjutkan perumpamaanku diatas, jika saat ini yang ku izinkan untuk membersamai dan mempelajari diriku adalah kamu, --yang hampir selalu meninggalkan begitu saja setiap kalimat bersajakku, mulai dari upayaku menyampaikan hal yang manis, seperti memujimu, mensyukuri hadirmu, hingga saat aku menyampaikan rasa sedih, kesal, dan frustasi- maka keputusanku, saat ini, adalah bentuk penerimaan dan rasa legowo ku pada hidup. Pada keputusan Pencipta dengan takdirNya. Meski jauh-jauh hari sebelum kita bertemu aku telah menetapkan orang seperti apa yang ku ekspektasikan dalam setiap doa, dan seiring berjalannya waktu aku menemukan banyak kerikil yang melukai pandangku tentangmu, tapi, saat ini, aku memilih untuk mengikuti jalan ini. Menyamankan ego ku agar bisa ada pada frekuensi yang sama denganmu. Lebih kepada, memberimu wewenang untuk menjadi nakhoda nya, dan aku berusaha mengikuti alur mu, sebaik yang ku mampu. Mendahulukan banyak pendapatmu, memberikan kepercayaan dan mempersiapkan diriku untuk menjadi makmum. Ah, kamu tau, seandainya dia yang kusebut pada paragraf sebelum ini atau yang lainnya pada halaman lalu membaca keberserahdirianku pada takdir seperti ini, mungkin dia akan iri. Mengingat ketika menghabiskan waktu bersamanya aku senantiasa diliputi sikap keras kepala dan ia yang selalu melunak. Lantas ketika aku mengizinkanmu untuk masuk, meski aku adalah tuan rumahnya, aku benar-benar menjamu mu sebagai tamu, menempatkanmu sebagai raja. Namun selayaknya tamu, ada batas waktu. Jika pada batas waktu itu ternyata tak kunjung ku temui kepastian selanjutnya, maka aku akan meminta mu untuk kembali pulang, atau mencari tempatmu akan berpulang. Karena tampaknya bukan rumahku yang sesuai. Pun hal nya kamu, jika selama aku menjamu, kamu dapati hal yang kurang menyamankan, ku silahkan untuk undur diri selayaknya raja yang tau sopan santun, yang datang berkabar dan pamit pun memohon diri. Jika itu kamu lakukan dengan semestinya, maka sepatutnya tidak akan ada sisa keresahan akan kisah yang belum tuntas pada halaman-halaman selanjutnya.

Jika pada akhirnya kita menjadi bersama, maka nyaris sempurnalah semua ibarat. Nyaris serupa dengan akhir kisah Ibu yang saat ini membersamai Ayah. Dengan segala sedu sedan, tangis tawa, kecewa dan marah yang mereka telan selama lebih dari seperempat abad. 

Kisah ini adalah apa yang tengah terjadi saat ini. Karena satu-satu nya yang kita miliki hanyalah saat ini, sedang halaman kemarin sudah terisi, lalu halaman selanjutnya belum pasti. Aku masih yang akan membersamaimu saat ini, hingga waktunya usai. Hingga kepastian itu datang, hingga kamu yang akan menjadi yang berpulang atau menjadi bagian dari halaman ku selanjutnya. Aku tentu belum mampu dan terlalu malu untuk meneruskan pengandaian. Apakah sebagian kisah ini akan seperti rasa nya Ibu pada Ayah, atau rasa Mama pada Papa, atau Kujit pada dokter muda berlesung pipi yang pernah sepintas ia ceritakan. Atau malah tidak sama sekali, menjadi rasa kita sendiri. Menjadi rasa ku pada seseorang yang tengah singgah, lalu saat ini tengah mempertimbangkan untuk menetap, lalu (tampaknya) semoga akan mengupayakan untuk menetap. 

Semoga segera menyelesaikan waktu bertamu.
jangan lama-lama jika hanya bertamu, (yang mau ber)tamu ku banyak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d