Langsung ke konten utama

si bocah gempal


Aku kemaren nonton on the spot yang liputannya tentang video kado ulangtahun. Whoaaa...... pengeenn jugaa......
Hhikss :’(
Jadi pengen flasback ulangtahun aku yang pernah terjadi. Dulu tuh, yang paling aku inget pas masih tinggal di pekanbaru. Waktu aku ulangtahun yang ke5. Aku inget banget peristiwa ini karena selain menyenangkan juga karena banyaaakk banget foto-foto nya. Itu terjadi pas sebelum aku perpisahan TK. Dulu aku kecilnya di pekanbaru, waktu umur 4tahun aku udah masuk TK Aisyah II di Pekanbaru. Pas udah mulai gede dan liat-liat foto ulangtahun, mama ngasih tau kalo walikelas aku pas TK itu namanya buk Isna. Jadi gini nih ceritanya dulu, pas tanggal 10 maret 2000. Aku kan ulangtahun ya, jadi hari itu kalo gak salah aku datang ke TK dan masih pake baju seragam. Sebenernya sih dulu aku juga gak ngerti ya,
apa sih yang namanya ulangtahun atau kenapa sih ulangtahun harus dirayain. Nah saat itu aku ingat banget kami anak-anak TK dibagi jadi tiga kelompok di tiga meja panjang. Jadi masing-masing meja tuh beda kegiatannya, ada yang nulis di buku kotak, ada yang main balok dan plastisin terus ada juga yang ngegambar. Nah hari ulangtahun itu kelompok aku kebagian nulis di buku kotak. Aku sih gak terlalu ngeh ya hari itu, sampai buk Isna manggil aku keluar dan my mumu datang sama kak Rina (anak kos yang ngekos di sebelah rumahku) dan tante Yang (dulu masih jadi calon istri om ku. Sekaranag udah jadi istri kok,). My mumu sibuk nyuruh aku ganti baju pake gaun putih selutut dan pake sepatu boot putih dan nyisir rambut aku, ngikat rambutku jadi satu ikatan tinggi dan bedakin wajahku. Sedangkan kak Rina sama nte Yang sibuk menata kue ulangtahunku di meja guru. Buk Isna juga gak kalah sibuk ngegambar ucapan selamat ulang tahun dan gambar kue tart di papantulis pakai kapur warna warni. Ahh, dulu rasanya itu keren banget, sampe sekarang juga masih keren banget. Habis itu aku masuk, buk Isna ngajak temen-temen buat nyanyi selamat ulang tahun dan tiup lilin. Terus lagu potong kue. Aku inget banget gimana dulu dengan tampang aku-bisa-potong-sendiri kekeuh buat megang pisau kue sendiri. Tapi mama tetep dengan telaten megang tangan aku buat motong kue dan naruh tuh kue ke piring kertas. Potongan pertama buat my mumu pastinya, kedua dari my mumu buat aku, ketiga aku nyuapin kue ke buk Isna dan ibuk Isna ke aku and next ......
Ini tuh, yang ngebuat aku gak habis fikir. Kok bisa ya???
Jadi aku disuruh mama buat milih dua orang temen untuk disuapin kue. Nah gak tau kenapa waktu kecil itu ternyata aku udah jadi idola! Hahahaaa *narsis =,=” buktinya, pas aku bilang “ ya (dulu aku manggil diriku “ya” tapi sejak kelas 5 sd aku jadi “zi”) mau milih ..... “ nah mereka terutama temenku yang cowok pada angkat tangan. Whoahahahaha! Endingnya aku milih dua orang temen. Satu namanya Dea yang satunya lagi cowok, anggap aja namanya Reza (aku lupa namanya). Nah aku suapin deh tu, satu-satu. Pertama aku suapin Dea dan sekali lagi dia balik nyuapin aku, dan kita foto-foto. Terus aku nyuapin Reza dan nyuapin aku trus foto-foto. Nah udah siap kan? Jadi udah waktunya pulang juga, orangtua temen-temenku udah pada datang juga. Nah dulu pas di TK, kami tuh harus pacu pacu rapi. Duduk yang rapi, lingkungan meja harus rapi dan bersih, biar bisa keluar kelas duluan. Aku heran ya kenapa ancaman “kalau gak rapi nanti gak boleh pulang” selalu bisa ngebuat kami, para bocah kecil jadi rajin buat rapi-rapi dan takut gak bisa pulang. Padahal udah jelas-jelas orangtua kita masing-masing nunggu di deket jendela. Odong-odong banget bukan sih? Hufh, semoga anak TK jaman sekarang bisa lebih pintar ya,,
And then, pas dua temenku tadi disuruh duduk dan aku juga udah duduk manis di kursi di depan kue tart ulangtahunku sementara mama dan tante serta kak Rina lagi sibuk beresin kue buat dibagiin ke anak-anak lain, datanglah !!! ttttteeeengg..... datanglah dengan tiba-tiba, ibarat petir di siang bolong, ibarat bulan yang muncul di siang hari, ibarat mangga yang berbuah di pohon durian, ibarat... ah udah, aku semakin ngaco. Intinya, sesuatu yang tak terduga dan tak tersangka terjadi sodara-sodara (ini mulai tidak penting!). datanglah, seorang anak laki-laki bertubuh gempal dari kelompok tengah maju dengan gagahnya ke depan kelas. Waktu itu aku lagi sibuk senyam senyum karena lagi di foto-foto dan ngira pasti si cowok gempal ini maju kedepan buat mimpin baca doa keluar rumah, seperti biasa sebelum kita pulang. Wat hepen neks? *alee 0__0 si bocah gempal tadi sodara sudah berhasil membuat petir jegeeerrrr pecah di kelasku pada siang itu. Dan petir itu tak lain dan tak bukan berasal dari suaraku sendiri. “ mamaaaaa . . . . . . . “ kira-kira gitu bunyi petirnya. Dan tentu saja diikuti hujan badai setelah itu alias aku nangis kenceng-kenceng. Bener-bener badai deh! Jadi apa sebenarnya yang telah dilakukan bocah gempal rese tadi itu?
Mari kita adakan reka ulang kejadian kriminal yang telah dilakukan bocah gempal berumur 5 tahun itu.
Aksi 1 : bocah perempuan yang manis dengan gaun putih selutut sedang duduk manis di kursi warna biru dengan meja persegi yang diatasnya terdapat kue tart putih yang baru dipotong sedikit. Bocah manis yang tak lain dan tak salah lagi adalah aku sendiri :P sedang senyum manis sibuk foto-foto.
Aksi 2 : sekelompok anak di meja satu sedang sibuk beres-beres meja dari alat tulis dan seorang bocah laki-laki kurus mengantarkan tumpukan buku ke arah meja guru.
Aksi 3 : seorang bocah perempuan berambut keriwil berjalan dari meja tiga sambil membawa beberapa balok dan menjatuhkannya ke keranjang balok di belakang kelas.
Aksi 4 : semua siswa duduk manis di meja masing-masing. Terdengar suara buk Isna “ayo anak-anak ibu, bersiap... tangan keatas.... tangan kesamping.... tangan kedepan... duduk rapi” danh semua anak-anak mengikuti apa yang disuruh buk Isna, kecuali aku tentunya yang sibuk foto-foto *dasar centil!
Aksi 5 : masih suara buk Isna. “ ayo... siapa yang belum rapi duduknya, belum boleh pulang ya..”
Aksi 6 : terdengar bisik-bisik yang berisik dari meja 1. Cowok kurus “ awas tangan kamu tuh. Ini kan ada batasnya”. Cewek keriting “ kamu tuh lewat batas. Kan yang ini batanya”. Cowok “ kamu” (sambil menyikut siku si cewek). Cewek “ kamu tauu” (balas menyikut cowok). Cowok ...
Aksi 7 : suara buk Isna “ eh kelompok satu kok ribut nak? Gak mau pulang?”
Aksi 8 : anak cowok dan cewek tadi diam sambil lirik-lirikan sewot.
Wooyy!! Ini tuh kenapa jadi ngaco ziaa . . .
#gue juga gak paham 0__0
mari kita lanjutkan ke TKP
Aksi 9 : seorang bocah laki-laki gempal tiba-tiba berdiri dengan gagahnya. (visualisasikan dengan slow motion)
Aksi 10 : suara buk Isna lagi “ ananda mau mimpin baca doa nak?”
Aksi 11 : si bocah gempal tak menghiraukan atau sepertinya tak mendengar suara buk Isna. Terus maju kedepan. Tampak tertarik dengan sesuatu.
Aksi 12 : aku masih sibuk senyum manis dan foto-foto. Tidak sadar bahaya sedang mengintai.
Aksi 13 : bocah gempal hanya berjarak sejengkal dari meja tempat aku duduk.
Aksi 14 : tiba-tiba si bocah gempal mengayunkan tangannya dengan sigap ke arah kue tart putih di atas meja. Mencomot kue itu asal sehingga menimbulkan jejak jari di krim kue tart. Otomatis kue nya jadi hancur berantakan.
Aksi 15 : terdengar suara cempreng aku “ mamaaaa .......”
Aksi 16 : aku menangis histeris. Menunduk ke meja. Mama dan buk Isna panik, segera menghampiri meja. Mama menghampiriku, buk Isna menghampiri bocah gempal.
Aksi 17 : si bocah gempal nyengir tak berdosa.
Aksi 18 : aku ngambek. Keluar kelas. Gak ada acara salam-salam sama teman-teman yang lain. Mama sibuk menyusul aku. Akhirnya yang bagiin kue Cuma kak Rina dan tante Yang bersama buk Isna.
Aksi 19, 20, dan seterusnya aku males ceritainnya. Intinya aku ngambek, nangis dan ngamuk. Jadi gak mood juga ngelanjutin cerita ini. Lho??
Hhahahahaa! Kacau, deh. Kapan-kapan aku lanjutin ceritanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d