Langsung ke konten utama

Jadi, aku harus mulai darimana?

Alhamdulillah.
Mungkin lafadz syukur ini adalah yang paling tepat sebagai permulaan tulisan kali ini. Ada banyak sekali nikmat Allah yang tak bisa dihitung satu persatu, sungguh melebihi ribuan bulir pasir pantai.
Alhamdulillah untuk awal chapter baru dalam kehidupan di angka ke 22tahun ini. Menginjakkan kaki ke tempat yang benar benar baru, sungguh belum pernah sama sekali menjejakkan kaki ditanahnya, dan benar benar tidak punya saudara seorangpun disini. Di kota baru ini, Subang, terikat pada proses pembelajaran sebagai seorang Manajemen Trainee Finance and Accounting untuk perusahaan produsen wiring harness yang merupakan bagian dari sebuah perusahaan Jepang, Yazaki Group. Dan kini, setelah melalui proses singkat (hanya seminggu mulai dari interview HRD, User, Dirut, Psikotes dan Medical Checkup) secara resmi menandatangani surat kontrak kerja lalu diberi pelatihan kilat selama seminggu di kantor Subang, aku mulai perjalanan selanjutnya ke sebuah kota, yang dulu pun tidak pernah menjadi list kota yang ingin ku singgahi, Tangerang. Disini selama kurang lebih 8-10 bulan kedepan, sudah kujalani seminggu terakhir. Seperti yang sudah ku prediksi sebelumnya, butuh adaptasi udara yang sedikit lebih menyesakkan hingga harus merasakan nebulizer di rumah sakit dan dapat telp "omelan sayang" dari manajer :""
Nah itu sedikit rekap perjalanan beberapa chapter yang belum sempat kutuliskan, padahal sudah terniat untuk menceritakannya. Ah ya, belum juga sempat ku ungkapkan dengan lebih detail kepada yang selalu menampung setiap detil perjalanan hidup. Entahlah, beberapa hal berubah semenjak satu dua pengakuan. Tapi ya sudah, bukan disana poin cerita nya.

Next, izinkan ku untuk membagi beberapa momen yang mengesankan.

Jadi di SUAI (Subang Autocomp Indonesia), z punya seorang manajer. Masih relatif muda, meskipun beliau lebih tua dari pak Randy, tapi yah umur 37tahun (awalnya waktu beliau nyuruh z nebak umurnya, z jawab 35 loh..) dengan 3orang putri yang masih SD, masih bisa dikategorikan muda lah ya...
Beliau seseorang yang unik. Mungkin terlalu dini untuk menyimpulkan beliau adalah orang yang "asik" karena toh baru kenal 3 minggu, sejak di interview hari Senin tgl 17 Juli silam. Tapi untuk menyimpulkan beliau sebagai seorang yang unik adalah hal yang cukup mudah. Dimulai dari interview di hari Senin pagi waktu itu, interview 2jam dengan bahasa inggris yang masih pas-pasan, hingga akhirnya diminta untuk mengerjakan soal akuntansi secara lisan. Ada dua soal, satu teori yang satu nya lagi hitungan. Keduanya sama-sama pemahaman konsep, namun karena sejujurnya z tidak terlalu ahli terkait akuntansi biaya, maka z salah 2kali. Dan lucu nya, kesalahan yang 2kali itu berhasil membuat beliau dengan gemasnya, ngejitak (literally, ngejitak) kepala z 2kali! Awalnya agak shock juga, mikirnya "nih manajer ga salah nih, kaya gini? Coy, baru kenal 2 jam udah kena jitak 2kali, gimana kalau kerja bareng setahun dua tahun? Udah kaya emak nya Shincan!"
Tapi yaaa gitu, jitak nya jitak gemas, diikuti dengan ledekan, "apaan nih anak Unpad kaya gini.." yang z lanjutkan dengan ngejawab sekenanya, "yanih, bikin malu almamater deh zia nih.." dan berakhir dengan kita bertiga, z, manajer, dan SSPV HRD jadi ketawa-ketawa.
Mungkin karena efek dijitak sayang (gatau ini sayang beneran apa emang geram pengen marah tapi butuh orang mendesak, akhirnya pasrah nerima ini anak aja) itu, akhirnya proses interview yang dilanjutkan dengan Dirut (masih didampingi manajer dan HRD) z lewati dengan "mengiyakan" nyaris semua nya. Mulai dari harus masuk seminggu lagi, dan langsung lanjut training di tangerang selama 8-10bulan, seminggu setelahnya. Belum dapat gaji karena status MT baru nerima uang saku dan fasilitas lain seperti bpjs ketenagakerjaan, bpjs kesehatan, transportasi dan makan siang dari kantor, sampai yang ini request pak Dirut dan manajer, "kalau bisa nikahnya 3tahun lagi aja ya.."
Ketika dinyatakan resmi lulus untuk program MT, dan tandatangan kontrak, baru agak sadar, ternyata z sudah mengiyakan banyak hal :"""
Tapi, alhamdulillah. Hingga saat ini belum ada hal berarti yang mengecewakan atas sikap mengiyakan tersebut. Seminggu di Subang, z diberikan tempat untuk menetap sementara, disediakan dari kantor. Jadi ga perlu ribet nyari kosan dulu. Ke Subang berangkat dari Bandung pakai Arnes Travel dan turun di Sadang, Purwakarta. Dari sana ke #kontrakanSeminggu dijemput dengan mobil kantor, makan selama seminggu dibayarin sama HRDnya. Training di Tangerang, kosan full furnished sudah disediakan, makan siang dikasih kantor, UPD dapet diluar uang saku. Ngomongin uang saku, namanya emang baru uang saku sih, tapi alhamdulillah, dari segi nominal pun, insyaallah z rasa sudah mencukupi untuk menghidupi dari z sendiri dan menabung untuk keperluan lainnya. Nah atas semua nikmat itu, kalau bahasa quran nya nih, Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi kah yang kau dustakan?

Masih ngomongin manajer, z bersyukur sekarang punya manajer yang gak terlalu tua tapi sudah berkeluarga. Jadi, masih ngerti jiwa muda tapi tetap mengayomi dan mengontrol layaknya seorang Bapak. Seru banget, jadi makin semangat buat belajar banyak dan berkontribusi banyak. Sayang banget, baru seminggu di Subang udah langsung diungsiin ke Tangerang :")
Btw, hari pertama training z satu-satunya trainee yang dianterin manajer dan ditungguin trainingnya seharian. Udah kaya Bapak nganterin anaknya masuk hari pertama SD! Sehari sebelumnya dianterin ke kosan, besoknya pagi-pagi dijemput dan berangkat bareng trainee lain ke tempat training. Ditungguin training seharian full sampe sore, terus dianterin pulang ke kosan. Kalau di SUAI karena ada sekian banyak orang yang ishoma pada satu shift dan sholatnya barengan di dua mesjidnya SUAI, jadi ngga memungkinkan atau sangat kecil kemungkinan beliau untuk mengimami sholat, nah waktu di tangerang pas training hari pertama itu, beliau yang mengimami kita sholat. Kita, z dan trainee lainnya plus trainer kita. Tuh gimana ga sayang :))

Sebelum berangkat training, bapaknya ngobrol banyak, ngasih wejangan juga, dan sebenernya lebih banyak ke ceritain masa muda nya beliau sih. Sampai pak Lucky, (SPV Accounting) bilang gini, "kamu beruntung loh zi, saya aja ngobrol sama pak Yudhi selain obrolan kerjaan itu baru sebulan sebelum saya nikah loh" 
Satu hal lagi yang ngebikin z percaya dengan beliau adalah, hari pertama tepat sebelum z tandatangan kontrak kerja, beliau minta izin buat nelpon mama dan ngobrol sekaligus minta izin ke mama buat ngirim anak gadisnya mama training ke Tangerang 8bln. Tuh, manajer mana yang sampai segitunya minta izin dulu ke orangtua karyawannya. Mama z aja shock gitu waktu manajernya mau nelpon sama mama :))
Alhamdulillah, sejauh ini, meski masih sangat singkat, baru 3minggu dan belum nemuin konflik berarti urusan kerjaan, z bersyukur banyak. Z bahkan masih ingat persis apa yang z tulis di form wawancara pada awal tes mengenai karakter yang z senangi: Sopan, jujur, enak diajak ngobrol. Dan kriteria lingkungan pekerjaan yang z inginkan: Profesional tanpa mengurangi rasa kekeluargaan. Alhamdulillah. 

Selanjutnya, hahhahaha yang ini mau ketawa dulu ya.
Jadi ada salah satu anak MT juga, yang udah senior, sekitar 10bulan MT lah, kebetulan orang minang juga. Lulusan UNP. Pas pertama kali dikenalin sama si Kakak (nanti z ceritain khusus tentang Kakak dan penghuni #kontrakanSeminggu lainnya) z sedikit ngerasa lega karena nemuin seorang yang kurang lebih punya beberapa kesamaan, sebahasa aja itu udah bersyukur banget. Kebayang lah ya gimana lega nya pas yang seharihari ngobrolnya, punten, mangga, akang, teteh, bapak, ibu, dan berbagai istilah harness yang bisa bikin keriting mulut, sekali nya ketemu Uda nih dimanapun tempatnya, entah itu papasan di tangga atau nunggu transport pas mau pulang atau pergi, langsung aja nyerocos pakai bahasa minang. Bahagia. Meski itu tidak mengurangi hasrat iseng nya Uda, kalau lagi males mah, dia suka tibatiba bilang pergi ke kantor sama temen kos nya dan ninggalin z sendirian, lebih apes lagi kalau ternyata z ketinggalan bus khusus MT dan harus gabung sama bus operator. Bukan gimana-gimana, bus operator rame banget dan isi nya pegawai yang udah senior semua gitu, jadinya kan sungkan. Anak baru, telat pula. Duh...

Nah setelah kenal dan selalu ngerecokin Uda dimanapun dan kapanpun selama seminggu di Subang, akhirnya z pamitan pas mau pergi ke tangerang. Ya pamit di wa doang sih. Terus seminggu setelahnya udah aja, ngga komunikasi apa-apa lagi, sampai akhirnya z ngechat duluan, nanyain report ceritanya. Biasa, dia mah ga akan ngechat z duluan. Tipikal brother yang cuek ga jelas gitu lah ya anak nya mah. Yang awalnya cuma ngebahas format report dll, akhirnya jadi curhat kalau lagi sakit. Kebetulan Uda nya lagi sakit juga, lagi dirujuk ke rs buat rontgen kaki nya yang terkilir. Ngakunya sih jatuh yaaa, tapi gatau deh tuh orang jatuhnya kaya gimana sampai jalan ke SUAI timpang dan ketahuan PGA disuruh langsung ke rs :""
Setelah lanjut dengan banyak obrolan curhat tentang work-matters but not-so-work-matters itu, akhirnya z memberanikan diri buat ngepropose duluan ke Uda. Meminta uda buat jadi teman. Sebenernya ngga teman juga sih, lebih ke, my personal trash bin? kekekkeke

Z ngga inget sih sebelum ini selain Kujit, siapa aja yang pernah z propose duluan. Biasanya pertemanan z akan terjadi begitu saja. Tapi untuk beberapa yang rasanya, z butuh buat diperjelas nih, atas dasar kebutuhan fungsi nya, maka z meminta langsung, bisakah kita menjadi teman?

Tujuannya ya gitu, buat ngerasa secure karena akan banyak ketidakpastian didepan yang mungkin akan z hadapi, jadi z sudah mulai mempersiapkan penguatnya. Sebagian kecil alasan lainnya adalah, karena ya itu tadi, yang di awal z bilang. the original one nya lagi sibuk mungkin, atau sepertinya satu dua pengakuan mulai sedikit banyak membatasi dan merubah haluan hubungan kita sebelum ini. Hmm kangen sih sebenernya, ngobrol lama dan cerita banyak, dengerin pandangannya, tapi ya gitu, masa z lagi yang ngadu duluan. Emangnya enak bertahun-tahun dekat tapi ngerasa seolah hanya z yang selalu punya masalah dan butuh cerita? Ego z sebagai perempuan, z pun ingin bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk diminta, bukan hanya seorang yang harus selalu diberi..
Sejauh ini sih, meskipun Uda bukan tipikal yang akan chat duluan, tapi tiap kali z chat yang niat awalnya z ngechat karena mau curhat banyaaaakk banget, jadi sampai lupa mau cerita apa, gara-gara dengerin Uda nya curhat duluan >,<

Sampai saat ini sih ga masalah ya, karena lucu juga. Seperti mendapat peran baru, dan Uda pun sadar persis z kalau ngechat pasti ada mau nya nih, nah dia setelah curhat panjang tapi dengan kalimat irit nya itu, pasti selalu menyelipkan satu dua kalimat yang benar z butuhkan. Z ngga bilang uda lebih baik atau yang sebelumnya kurang baik atau uda mulai menggantikan atau yang lainnya, nope. Tidak ada yang saling menggantikan, semua sudah ada tempatnya sendiri. Z senang dan bahagia karena ternyata ada satu lagi nih, seseorang yang tampaknya akan bisa dijadikan teman.

bcs no picts hoax, so i gv this..





Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d