Langsung ke konten utama

#kontrakanSebulanSekali KSS

Jadi, kemarin lusa pulang ke Subang. Ke Kalijati lebih tepatnya, dengan rencana awal, hari Sabtu nya mau sto. Dengan segala drama yang berujung pada kena jitak 3kali pagi pagi, dilanjut dengan bolak balik warehouse-finish goods yang itu artinya muterin produksi dari ujung ke ujung, lebih dari lima kali, hingga cukup untuk ngebikin, bukan cuma kemeja yang basah karena keringat, tapi juga kerudung nya sampai basah. Gatau deh itu anak-anak office waktu z naik ke atas hidungnya masih pada aman apa ngga 😏. Sepanjang gemba beberapa kali kepalanya diarahin buat liat ini itu yang perlu untuk z pahami bener-bener terkait dengan kerjaan z nantinya. Sepanjang aksi jalan cepat di jalur hijau itu, bahu z di dorong dari belakang buat ngarahin selanjutnya kemana dst, z sih ngerasa bodo amat dengan kerudung yang sudah basah itu (pasti mama Shincan ngerasain kerudungnya udah lembab gitu).
Dan terakhir, karena z cerewet nahan beliau buat jangan pulang cepet-cepet padahal beliau sudah menjelaskan jadwal kerjanya, ditutup dengan kepala z dirangkul sambil dibilangin gini, "nanti jadi manajer ya"
Z menjawab sambil menatap lurus kedepan, mantap, "bertahap."
Ada obrolan kecil juga sama mama Shincan.
"Jadi nanti kamu, pricing tuh harus punya tanduk" katanya sambil meragain tanduk pakai tangan, maksudnya sih beliau minta z buat bersikap tegas dan agak galak ke depannya.
"ih gamau, ntar orang-orang pada takut, terus gada yang ngeliat saya"
"emang kamu mau cari jodoh di SUAI?" tatapnya dengan penuh selidik.
"yaa ngga.." (dalam hati) ngga salah lagi! wqwqwqwq becandaaaaa
Sesi ngantor yang harusnya ngga ngantor itu juga diselipin dengan nasehat (marah versi kalem) nya beliau karena kekeliruan yang terjadi. Tapi alhamdulillah, pulang kemanapun itu selalu mengesankan.

Ah ya, akhirnya alhamdulillah udah ngebayar uang kontrakan kemarin malem. Insyaallah long weekend bakal kesana lagi buat mindahin barang-barang dari kosan Bandung. Jadi ini waktunya mengenalkan penghuni #kontrakanSebulanSekali level up nya #kontrakanSeminggu!


  1. Pemegang saham utama alias donatur alias kepala rumah tangga di kontrakan yang kondisi paling bersihnya adalah waktu weekend ketika anak-anak nya lagi pada gak pulang, nggak hot (holiday over time) dan si bapak komando ada dirumah. Beliau adalah #Kakak. Kakak SSPV HRD, beliau yang sebelumnya ikut ngetes z dan ngurusin semua keperluan z selama seminggu awal di Subang. Minjemin uang waktu dompet ketinggalan di kantor, padahal harus beli kemeja putih, celana hitam dan kerudung putih. Kakak juga yang menjamin anak-anak serumah buat tetap makan yang bener meski keuangan lagi pada seret, ngebayarin uang listrik kalau udah waktunya tapi masih pada belum ke atm ngambil gaji, dan ngasih uang saku pas lagi jalan-jalan. Dan jangan lupa, Kakak juga yang jadi otak keisengan semua perbullyan yang terjadi dirumah dengan 7kamar itu!
  2. Mas Eko, atau kalau anak-anak lain manggilnya, om Eko, SPV Produksi yang lolos program MT 12bulan+3. Objek dicengin tiap ada anak baru. Pemilik akuarium yang isinya 2ekor ikan batu (ikan yang hobinya ngendap di dasar akuarium, kerjaannya buat makanin ampas ampas ikan lainnya yang lincah-lincah), 3ekor ikan oren dan 2ekor ikan kuning *sorry* tai. Yang kalah dalam 2 sesi game ludo kemarin malem, dan janji bakal masak nasi lalu bikin nasi goreng, yang pada akhirnya, hanya janji belaka. Bangun pagi aja ngga 😔. Tapi yaaaa, bumper sebelum ke Kakak terkait banyak masalah rumah seperti waktu komplain masalah lampu yang ngga nyala, akhirnya minta tolong mas Eko buat ganti bohlam, ngangkatin kasur karena mau nyapu ruang tengah, nyariin gas dan air galon, dan ngurusin sampah rumah yang banyak banget pastinya.
  3. Mas Edi. Yang ngurusin finish goods, nyiapin flow barang keluar, nyiapin invoice, nahan barang sebelum keluar karena harga dari pricing belum ada. Yang, sejauh ini, paling gercep dan cepat tanggap buat nanyain, "ada apa?" "gimana kabarnya?" dan "ada yang bisa dibantu?". Intinya ringan tangan dalam hal yang baik. Meski ngga jarang itu hanya sebatas lip service, tapi yaaaa z senang senang aja sih. Dia care sebagai housemates.
  4. Mas Wira. Yang paliiiiiiiiing hanyut dan selalu mengabaikan makhluk disekitarnya kalau udah megang hp dan main game! Berwibawa sebenernya, mungkin karena efek irit ngomong kali ya, tapi yaa gitu tiap kali ngomong kalau ga ikutan ngebully ya minta nitip beliin makan.
  5. Mas Rudy. Secara sifat lebih ke gabungan mas Edi dan mas Wira. Kalem, care tapi suka mendadak diem dan tiba-tiba tidur..
  6. Ade! Anak Tegal yang paling bisa diandalkan. Seringkali selalu berusaha memasang senyum dan tawa meski ada beban yang perlu untuk diletakkan sejenak. Perempuan kuat. Paling suka ngusel, selalu z mintain tolong buat nemenin beli ini itu, paling ringan tangan buat beresin rumah, dan deket banget sama keluarganya. Ade, mba Ayu dan Rani, trio suka ngusel dan ngasih surprise peluk super erat sampe ngap! Senang, ngebikin z ngerasa diterima dan disayang ;))
  7. Mba Ayu! Asal Indramayu, kalau ga salah (as usual, ingatan super jangka pendek 😢) mood swing nya lebih keliatan. Lebih berasa. Sebelas dua belas sama z siiih perihal mood swing, suka dengerin dangdut, suka nari, dan pede luar biasa keren! Yang kamarnya selalu z jadiin tempat buat tidur paling kondusif, karena letaknya paling belakang, paling jauh dari suara berisik anak-anak dan kalau lampunya dimatiin paling redup karena sedikit banget cahaya yang masuk. Paling deket dapur, jadi kalau pagi-pagi mau ribet masak, anak-anak di depan ga akan keganggu. Deket juga sama halaman belakang, jadi kalau sewaktu waktu lagi pengen liat bulan tinggal keluar, kalau lagi ngejemur pakaian dan tiba-tiba hujan, tinggal keluar selangkah udah kejangkau deh jemurannya. Tapi jarang ujan siiih sekarang...... mendadak kangen main hujan.
  8. Rani! the last child, bungsu nya rumah kita. Layaknya anak bungsu, suka ngasih kejutan. Mendadak heboh, sekejap setelahnya mendadak dewasa. Sedang dalam fase terlibat cinta cinta ringan. Menyenangkan, suka cerita dan punya ingatan yang bagus. Dia bahkan ingat hal hal detil dan kecil dan gak penting yang pernah z ceritain. Terharuu...
  9. Last, ada anak baru dikosan. Lakilaki, tapi z lupa namanyaa .... ntar ya, next week pulang sekejap buat idul adha dan ngurus pindahan, (ntar kenalan lagi), nanti z ceritakan lagi.
Hmm meski sebelumnya hanya kenal mendadak dan mau gamau langsung serumah selama seminggu, itu cukup untuk membuat z merasa terikat dan dekat dengan penghuni kontrakan. Emang sih, serumah nya nyampur, bukan kondisi ideal yang z inginkan sebenernya, tapi karena yang paling z butuhkan saat ini adalah tempat untuk pulang sementara dan nyimpan barang-barang, jadi yaaa mari dijalani terlebih dahulu.

Dan, beberapa waktu yang lalu nemu gambar tentang how to care extrovert peops. Paling ngerasa tepat sama poin, make physical and verbal gestures of affection. Z rasa, salah satu alasan psikologis kenapa z ngerasa bisa ada rasa "terikat" dengan seseorang adalah karena mereka biasanya memberikan afeksi, yang bisa jadi mereka juga gak sadar melakukannya. But for me, it means a lot. Hal kecil seperti kena jitak gemas sama mama Shincan kurang dari 2jam kita kenal, nasehat yang terselip ketika lagi ngobrol even sama orang yang baru z kenal, perhatian-perhatian kecil, cepat dan tanggap dalam memberikan respon atas setiap yang z lakukan, kalau salah ya ngasih tau, kalau bandel ya marahin, kalau senang ya mengapresiasi, senyum waktu papasan di jalan, manggil z dengan panggilan yang z senangi dan banyak bentuk afeksi lainnya. Semua hal itu berhasil untuk membuat z merasa nyaman dan ingin memberikan kenyamanan yang lebih untuk mereka ketika berhubungan dengan z kedepannya. Tapi tentu, z hanya merasa tersentuh ketika afeksi yang diberikan memang tulus, tanpa maksud aneh yang bisa membuat z gak nyaman. Jadi yaaa, berisik nanyain udah makan, udah sholat, lagi apa, jangan lupa ini dan jangan lupa itu, dan pertanyaan lain sejenis yang disampaikan dengan waktu teratur dan bermaksud tentu tidak termasuk dalam bentuk afeksi yang membuat z tersentuh. Kadang, hanya dengan melibatkan z dalam sebuah obrolan, atau bahkan menjadikan z objek bullyan positif, bisa membuat z merasa kalau kehadiran z di akui.

Namun seperti dua sisi mata uang, semudah itu z merasa afeksi yang tulus, sesederhana itu pula z merasa tersakiti (duh apa ya bahasa less sinetronnya selain tersakiti?). Pelajarannya adalah, menyenangkan ketika z tau apa yang z inginkan dan z suka untuk z dapatkan, sehingga z pun jadi bisa memahami apa yang orang lain ingin juga. Efek domino afeksi, sama hal nya dengan efek domino sebuah kebaikan. Itu membuat z, bahagia.

and today pics, bcs no pics hoax ;)

kika: Z, mas Wira, mba Ayu, Ade (biru), mas Rudy, Rani

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d