Langsung ke konten utama

saat menjadi kakak 27.05.13

saat menjadi kakak.
adalah saat yang selalu mendebarkan. banyak hal kecil yang ngebikin kesal, terharu dan senang. menjadi tempat curhat adek2, tempat manja-manja nya mereka, menjadi penyemangat -harus selalu nyiapin pompom- menjadi bahan lelucon -dibilang gendut (meskipun emang iya sih) dibilang masih kecil dst- menjadi satpam -gak pake pentungan-.
hari ini bocah-bocah tersayangku, adik-adik yang selalu bikin rindu dan pengen dipeluk satu-satu nerima hasil snmptn undangan mereka. tiba-tiba ingat bagaimana reaksiku saat setahun yang lalu ngeliat hasil dan gak lulus. rasanya sediiihhh banget, sampai nulis puisi -gak ngerti dimana hubungannya- sampai pas udah diam bisa tiba-tiba nangis lagi -tapi kayaknya hal seperti ini cuma terjadi ke aku aja-. karena itu, aku mau jadi orang yang bener-bener nge-keep- adik-adik kecilku.
pengumuman itu dimulai dari Bucul, bocah kecil itu sms pas aku lagi makan di steak ranjang bareng Sangki
"Alhamdulillah.,
Akuntansi UI"
27/05/2013 16:24:04
kyaaaa...!!! langsung mengucapkan syukur. dan entah kenapa benar-benar terharu. sampai Sangki ngasih tissue. hhaha, satu kelegaan sore itu.
pas mau solat maghrib, kelinci gendut aka. Kujit nelpon beberapa kali tapi gak ke angkat. selesai solat dia nelpon lagi, dengan latar belakang suara jalanan yang lagi berisik -feeling aku ini anak nelpon sambil bawa motor, kebiasaan!- dia bilang gini
"kaak, Ika lulus fk Unand"
"haa? fk Unand? serius?" -bukannya ngucap syukur dulu!-
"iya kak"
"ya Allah, alhamdulillah hirobbil 'alamiin..."
"nanti Ika telpon lagi ya, ini lagi dijalan" -tuh kan, bener .__.-
today 18:12 00:00:27
pas selesai nelpon singkat yang cuma 27 detik itu, aku langsung sujud syukur. sambil nangis dan berdoa semoga adik-adik yang lain memberikan kabar secepatnya. jujur saja, dari semua adik, Kujit yang paling ngebuat z degdeg-an. karena banyak hal, dia yang paling ngebuat z ngerasa khawatir dan yang paling ngebuat z ngerasa legaaa banget pas dapat kabar itu. terserah apakah ini dikategorikan lebay, tapi z sampai sujud syukur 3kali dan gak bisa nahan airmata untuk waktu yang cukup lama. pun pas lagi ngaji dan pas cerita ke Geu kalau Kujit lulus di fk. nanti z bakal ceritain gimana Kujit, impiannya dan perjuangan yang dia lakuin selama ini.
udah hampir malam banget, adik-adik yang lain gak ngasih kabar lagi. akhirnya z memberanikan diri buka fb dan sms bocah-bocah ini. pertama pas buka fb z akhirnya tau siapa-siapa aja yang diterima lewat undangan. terus z sms Laila, Ferdi, Indah. dan pop up chatting Kj. hampir setengah jam gak ada satu pun yang nanggepin, sampai akhirnya Laila balas sms,
"ga dpt kak.."
19:43:22
shock pasti. sedih lebih dominan. ingat bagaimana adik kecil yang manja ini kini tengah sendiri, jauh dari mama papa di depok. dia bimbel ke depok cuma ditemenin sama kakaknya. gak kebayang gimana dia harus menghadapi hasil yang sulit ini sendirian. lebih sedihnya lagi karena z jauh dari adik z yang ini. inget gimana z bener-bener manjain dia, nyuapin makan pas mereka study tour, ngasih surprise pas ulangtahun, ngejenguk dan selalu cerewet pas dia sakit. Laila itu adik yang kondisi fisiknya gak sekuat yang lain, yang paling bocah -bukan dari umur-, yang pandai banget ketawa pas sebenernya lagi sedih. karena ngerasa bersalah sebagai kakak yang harusnya ada di dekat dia, z mutusin buat janji bakal ke depok sebelum dia sbmptn. sebelum z UAS. insyaallah sekitar tanggal 11 Juni.
apa kabar Ferdi, Indah dan Kj?
Kj akhirnya ngebales chatt z, dy cerita dy gak lulus. dan dia bener-bener sedih meski berusaha banget untuk kuat. tadi Kj sempat marah dan kesal karena dari undangan ada satu nama lulus di jurusan yang dia ambil plus lagi satu nama ini terkenal dengan kekurangjujurannya selama di SMA. z bilang "mau marah dek? boleh kok, kakak dengerin. marah aja, gpp dek". akhirnya dia ngeluarin kemarahannya, ngebikin emot teriak pas chtting. terus cerita banyak alasan kenapa dia gak bisa nerima satu nama itu lulus. z sebagai kakak hanya mendengarkan, hingga selesai dan bilang satu hal simpel saja "besok gak boleh lagi ada rasa kesal, prasangka atau apapun namanya. jangan sampai hal kecil di hati ini jadi alasan Allah menggagalkan kamu di ujian selanjutnya ya dek :)"
z rasa dia cukup mengerti, meski tentu tidak semudah itu untuk benar-benar menjalankannya. tapi z selalu percaya adik-adik z.
Ferdi akhirnya balas mention di twitter dia bilang lagi gak ada pulsa makanya gak balas sms. akhirnya kita komunikasi di twitter. karena kita adik-kakak maka gak perlu cerita panjang lebar kalau sama bocah yang ini. komunikasi kita pakai banyak isyarat. meski hanya dengan kalimat-kalimat pendek, kita bisa mengungkapkan banyak hal. z mention dia gini
" bukn berarti kk gk mgkhawatirkan kamu jg loh dek. kk tw kamu lbh kuat dr yg terlihat ;)"
Indah belum balas sms sampai detik ini. pun koment d fb gak di bales. semoga dia baik-baik saja.

saat menjadi kakak,
saat seperti ini harus benar-benar bisa menjadi tempat adik-adik bersandar. sejenak melepaskan kesedihan, kekesalan, kemarahan dan berbagi kebahagiaan.
lucu sebenarnya saat menyadari bahkan tidak ada darah yang sama mengalir diantara kami, tapi tetap saja kabar-kabar mereka, kesedihan, kecemasan, kebahagiaan mereka menjadi hal yang turut membuat hati z naik turun, sedih dan bahagia. bahkan membuat z ikut menangis haru saat mereka bahagia, cemas saat mereka sendiri.
z kakaknya -meski bukan sedarah-. mereka adik z, yang akan selalu z bawa menghadap dunia dan z katakan dengan tegas "mereka adik-adik yang selalu z banggakan. kini dan nanti!"
adik-adik yang kakak sayang sepenuh hati, kakak yakin ketika satu pintu kesempatan tertutup maka ada pintu-pintu kesempatan lain yang terbuka. kita hanya perlu berpindah tempat dan tidak terpaku pada satu pintu. yakin dek, Allah punya sebaik-baiknya rencana :')

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d