Langsung ke konten utama

Future (1)

20yo. F
"Perempuan yang punya target nikah umur 24-25. Udah males sama komitmen main-main"
Kemarin malem waktu ngasih kue buat ulangtahunnya Bob dan Wulan, Z dikasih beberapa pertanyaan. Jadi ceritanya malam itu, Bob dan Arijal lagi pengen melakukan survey. Inti semua pertanyaannya adalah : kriteria ideal


Usut punya usut ternyata mereka berdua sebenernya juga udah mulai males buat main-main. Maksudnya main-main ini adalah komitmen yang ngga bertujuan. Terlepas dari alasan mereka berdua, apakah karena mulai frustasi dan capek sama gebetannya masing-masing yang ngga kunjung peka atau emang udah mulai berfikir buat masa depan, akhirnya kita, dua laki-laki yang ingin serius dan satu perempuan yang sama capeknya dengan komitmen main-main (wulan ga masuk hitungan, dia masih terlalu jengah dengan konsep komitmen bertujuan serius), ngebahas ini sambil makan pempek dan strawberry curd di teras kosan Wulan.


Zia (z) : buat gue, yang paling pertama kali gue liat dari seorang laki-laki, yah ibadahnya.  
Bob (b) : Lha gimana caranya? emang lo mau meriksain buku amalan harian? Lo mau ngasih buku harian yang kaya waktu SD tiap kali bulan puasa?
Arijal (a) : yang solat nya di ceklis langsung 30hari pas akhir bulan puasa. Terus nyatet ceramah dan mintain ttd Ustadz.. 
Wulan (w) (b) (a) (z) : *ketawa* 
(z) : ngga woii. Yah kan pasti gue pernah jalan bareng. Nah waktu jalan bareng atau ketemu ya gue merhatiin, misalnya di waktu solat siapa diantara kita yang inisiatif buat ngingetin solat. Atau kalau dia ada di lingkungan deket gue, kampus misalnya, nah kan sering ketemu tuh. Jadi yah bisa keliatan solat apa ngga, terus temen-temennya yang kaya gimana. 
(w) : pacaran aja sama ketua Permais (sejenis rohis kampus) kak! 
(a) (b) : *ketawa* 
(z) : ya kalii, ketua permais mah ngga akan pacaran lah. 
(b) : terus? Anggap kriteria pertama udah terpenuhi, 
(z) : selanjutnya pendidikan. Gue kan nantinya akan menjadi sarjana, at least dia juga sama. Karena keluarga gue pasti akan mempertimbangkan hal ini. 
(b) : hmm, lo merhatiin kekayaan ngga? Kan cinta ngga bisa dimakan zi 
(z) : nih, seandainya gue dihadapkan pada dua orang laki-laki yang keduanya sama, gue akan milih yang ngasih komitmen duluan. Yang datengin orang tua gue dan meminta gue baik-baik. 
(b) : misalnya mereka sama-sama ngasih komitmen, waktunya barengan gitu. 
(z) : mustahil sih, tapi baiklah. Buat gue, gue lebih prefer buat kaya bareng-bareng daripada dia nya udah kaya duluan. Misalnya background keluarga nya emang udah kaya, terus dia juga jadi kaya kan. 
(b) : lha kalau dia kaya emang hasil sendiri? 
(z) : yah beda sih itu mah, tapi gue tetap mempertimbangkan hal itu kok. Maksudnya, gue akan mikir ulang kalau jarak secara ekonomi antara gue dan dia jauh beda, 
(b) : emang yang masuk kaya menurut lo yang gimana z? 
(z) : misalnya dia punya mobil sendiri, terus mama, papa, adik atau kakak nya juga punya mobil sendiri. Rumahnya udah mewah banget dst 
(b) : oh, jadi kalau dia diatas. 
(z) : iya, kalau dia terlalu diatas gue, itu jadi pertimbangan. Kalau ada dua orang yang sama tapi beda di masalah ekonomi, gue sampai saat ini masih akan memilih laki-laki yang jarak ekonomi nya ngga begitu jauh dari gue. Jadi yah ngga kaya-kaya banget. Terus buat gue, gue akan melihat dengan cara berbeda antara laki-laki yang punya adik perempuan dengan yang ngga punya adik perempuan atau anak bungsu. 
(a) : lha, emang ada bedanya? emang kenapa? 
(b) : ada jal, ada. Pasti beda kalau itu 
(z) : iya, di mata gue, laki-laki yang punya adik perempuan terlihat lebih bisa buat respek dan memperlakukan perempuan dengan baik. Mereka udah terbiasa ngadepin perempuan sepanjang hidupnya, mesti mengerti Ibunya dan adiknya. Jadi buat gue itu nilai plus. Mereka cenderung lebih bertanggungjawab dan bisa diandalkan. 
(a) (b) : oh, tenang bob. Kita sama-sama punya adik perempuan *toss aja mereka berdua* 
(a) : nah ini, aku mau nanya ini nih. Kamu merhatiin usia ngga? 
(z) : iya pasti. Tapi yah gitu, misalnya aku punya kriteria 1-10 nah usia itu kriteria no 7. Dipertimbangkan pasti, aku lebih prefer jaraknya minimal 3tahun diatas ku. Karena kan secara psikologis perempuan lebih cepat dewasa dibanding laki-laki. Nah aku tuh ngga mau jadi dominan gitu loh,tapi yah kalau pun seumuran atau cuma setahun diatasku, selagi dia dewasa, apalagi anak sulung, punya adik perempuan misalnya, yah usia jadi ngga begitu masalah jal.....

Obrolan kita lanjut ngebahas hal-hal lain. Ngebahas gebetannya Arijal, Bob dan Wulan juga. Nentuin traktiran kapan dst. Tadi siang, mama tiba-tiba nge bbm. 
"ya, udah ada aja nih calon mantu mama di kontak bbm"
"mantu? Siapa ma? Perasaan ya lagi ngga sama siapa-siapa sekarang. Apa Vanessa (temen deket nya Kiki) ma? HAHAHAH" 
Awalnya masih ngga ngeh, maksudnya mama apa. Terus akhirnya inget kalau belakangan z emang suka jawab ngasal sama beberapa orang yang bawel ngehubungin. Simpel aja, intinya sekarang-sekarang ini siapa yang paling bisa ngebikin hati mama deg-deg an aja. Z ngga mau jadi yang riweuh dan repot sendiri, gamau jadi yang ngerasain berdebar ngga karuan kalau lagi dideketin sama seseorang. Jadi melimpahkan perasaan ngga nyaman itu ke mama. Mama pastilah lebih sulit untuk digetarkan perasaannya, jadi menuntut keahlian seseorang yang emang benar-benar niat untuk menjadi part of family. Kalau ada yang berhasil? Selanjutnya apakah dia bisa menjadi teman dan mendapatkan approval dari satu-satu nya adik laki-laki dan monster kecil z, Cuk aka Kiki.
Kenapa z ga mulai dari Papa atau Om (mamak) z? Nah meskipun mamak di minang punya power yang besar terhadap kemenakannya, dan papa terhadap anak gadis nya, z yakin banget approval dari angel di keluarga kita plus monster di keluarga kita, sudah cukup membuktikan kalau dia memang layak dan tangguh. Kalau mama dan Cuk aja yang susah buat di deketin udah ngeapprove gimana papa dan om.

"emang siapa aja ma?" 
"coba tebak!" 
"hmm si A dan B" 
"bener. Satu nya lagi?" 
"ada lagi ma yang nekat? siapa ma, si C? Tapi kaya nya ngga mungkin sih ma. Kan dia gitu anaknya, aneh. Apa si D ma?" 
"hahahah tapi emang dia kok C. Mama juga heran sih tadinya." 
"oiya??? HAHAHAHHA Emang udah ngobrol apa aja ma? Kirain siapa tadi." 
"gitu deh. Tapi mama sih nanggepinnya lurus-lurus aja"
"yah kalau dia sih kan mama udah bilang, mama tetap mau ngejadiin dia anak mama. Jadi ataupun gajadi sama Ya nanti nya, dia tetap seseorang yang mau mama jadikan anak. Iya kan? Kayanya kalau ada aturan cuma boleh punya dua anak, mama bakalan nukerin Ya sama dia deh."  
Begitulah, pembicaraan selanjutnya silih berganti membahas liburan, rencana kkn, rencana masa depan dll. Mama ngga begitu ngerasa terganggu dengan beberapa teman-teman z yang terhitung berani dan jail juga buat deketin mama secara personal. Mama sampai sekarang ngga begitu nanggepin, masih (kalau kata Mama) ngerasa kaya ngadepin murid-murid disekolah. HAHAHAH z sih ketawa aja. Paling ngga ada yang nemenin mama ngobrol, jadi mama ngga ngerasa kesepian. Dan fokus buat ngebbm, ngeWA dan nelpon z tiap jam jadi kebagi buat ngebalesin chat dari orang-orang itu. Z selalu senang kok waktu mama papa nelpon, sms dan chatting sering banget, tapi suka ngerasa sedih kalau gabisa ngebalas dan nemenin mama papa ngobrol banyak, karena z mesti ngeberesin tugas yang lain juga. Mungkin karena sekarang dirumah cuma ada mama dan papa, jadinya (kalau bahasa z dan kiki) mama papa udah ga punya mainan lagi yang bisa diberisikin. Makanya jadi pengen lebih banyak ngobrol gitu sekarang-sekarang ini.

Belakangan mama dan papa suka ngebecandain kita berdua, "gimana kalau punya adek lagi?"
Kiki sih langsung uring-uringan bilang ngga mau, tapi karena kasian dirumah ngga ada orang, akhirnya dia sok serius jawab, "kalau adeknya laki-laki, iki mau"
Yakaleee, emang bisa request. Jawaban z sebenernya sama ngawurnya dengan jawaban kiki sih, "Udah sih Nek, nunggu cucu aja. Kasian kalau punya adek lagi, ntar anak sama besar sama cucu"
Habis ngomong gitu, ditimpuk aja pake bantal sama mama. "Ngaco!" 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d