Langsung ke konten utama

time to say "hello suntikan~~"

hai, selamat siang :)
hari ini mau cerita kejadian kemarin. malam minggu z yang berbeda~~
kemarin (9/11) balik dari kampus z mampir ke kosan sangki. sekali ini mampirnya gak seperti biasanya. kali ini mampir dengan sangat terpaksa, karena z sakit perut dan sakitnya udah gak tertahankan.
nyampe dikosan sangki udah yang lemes banget, akhirnya disuruh tiduran.
selama dikosan sangki z sempat beberapa kali harus duduk waktu lagi berdiri saking sakit banget perutnya. sangki kayaknya gak tega dan gak tahan denger rengekan z akhirnya lepas maghrib dia ngehubungin eta dan eta ke kosan sangki. 
biasanya z sakit perut kalau gak maag nya kambuh paling karena masuk angin biasa, tapi kali ini sakit perutnya disebelah kanan sampai ke pinggang belakang. nah, z, sangki dan eta udah yang parno gitu. jangan-jangan masalah usus buntu lagi. karena z sukaaa banget makan makanan berbumbu terutama mie, entah itu instan ataupun ngga. dan selama ini z juga belum pernah operasi usus buntu jadi kemungkinan itu semakin besar.
eta yang ikutan panik akhirnya nyuruh z nelpon mama.
z ngadu aja ke mama dengan suara yang merintih sana-sini. mama nanyain udah berapa lama sakit perutnya, kemarin makan apa aja dst. akhirnya mama bilang kerumahsakit aja malam ini.
dengan dianterin eta+sangki berangkatlah z ke RS. Borromeus.
sebuah rumahsakit kristen yang lokasinya paling deket dari kosan.
sebelumnya z udah pernah kesini tapi nganterin dhuha.
sampai dirumahsakit karena udah jam 7 malam, jadi dokter umum udah gak buka. akhirnya z langsung dibawa keruang IGD (instalasi gawat darurat).
malam itu ruang IGD nya lagi rame. z, meskipun cukup sering (kalau tidak bisa dibilang rutin) ke rumahsakit tetap aja ngerasa horor kalau udah masuk IGD. seingat z terakhir kai masuk IGD itu waktu sesak napas dan gak nemuin inhaler. untungnya itu lagi dirumah jadi ada yang ngurusin.
setelah menunggu beberapa saat dokternya memeriksa perut z. tanya ini itu, sakitnya dibagian mana udah berapa lama dst. diputuskan lah malam itu z harus cek darah dan urin.
sekali lagi, meskipun ini bukan pertama kalinya z cek darah, disuntik sana-sini teteup aja sampai sekarang gak pernah bisa berdamai sama jarum. sebelum susternya ngambil darah z dengan cerewetnya bilang, "suster, gak sakit kan?"
susternya cuma senyum dan bilang "belum pernah tes darah sebelumnya?"
"udah pernah sih suster, tapi ya tetap gak bisa bersahabat sama jarum :("
"tenang aja, gak ada kok yang suka sama jarum" jawab susternya sambil senyum.
dokter/suster manapun selalu bilang "gak apa-apa kok, sakitnya cuma sedikit. kaya digigit semut"
iya sih emang waktu pengambilan darah itu sebentar banget tapi tetap horor.
z takut sama jarum dan peralatan medis membahayakan lainnya sejak z operasi kecil di kaki. jadi waktu itu ceritanya z lagi angkat jemuran dan gak sengaja keinjak paku yang berkarat. karena gak sengaja jadi lukanya dalam gitu nah papa langsung bawa ke rumahsakit, masuk IGD seperti biasa dan langsung di operasi kecil buat ngebersihin semua serpihan karat besi yang masuk. dibius lokal sih itu, jadi gak terlalu kerasa sakit kecuali waktu disuntik bius pertama sekali tapiiii, tau kan peralatan medis itu stainlessteel semua? nah kesalahannya disana, z yang gak tidur ini ngeliat dari pantulan peralatan medis dokternya. z ngeliat gimana dokternya ngebersihin luka di kaki z, pakai benda-benda tajam gitu. jadi horor deh.
balik lagi ke kejadian malam minggu ini, waktu masuk rumahsakit z langsung ngabarin orang-orang terdekat. ngasih tau Geu supaya gak panik nyari z dimana, ngasih tau Ayin dan Debo juga yang kebetulan gak ikut nganter ke borromeus. 
kata dokter, beliau curiga z kena usus buntu atau infeksi kandung kemih.

selama kejadian satu malam itu z bener-bener yang makin sayanggggg banget sama sayur-mayur.
sangki yang lempeng-lempeng gitu tanpa z minta ngebuatin teh anget, ngompres perut z pakai air hangat waktu lagi dikosan dan ngehubungin eta. waktu di rumahsakit langsung yang sibuk ngambil uang ke atm nyiapin kemungkinan-kemungkinan yang bisa aja terjadi.
eta yang tadinya mau nginep ke tempat kakaknya langsung cabut ke kosan sangki, nelpon kakaknya dan nanyain mesti dibawa ke rumahsakit mana.
mereka berdua langsung nganterin z padahal belum pada makan malam :(
pada yang sabar banget ngebantuin z jalan.
ayin, padahal belum pulih banget dari demamnya langsung cabut ke rumahsakit bawain minum dan bawa bantal. udah siap-siap gitu, katanya "kan belum pasti tadi bakal dirawat apa gimana jadi aku bawa aja"
endingnya ayin dan sangki nginap dikosan z :)
debo yang lagi nginap dikosan temennya sibuk ping..ping.. berhubung sangki gak bawa tab jadi kita gak tau. tadi pagi debo masih yang nanyain kabar z. cuma yah, namanya juga debo, saat orang-orang sewajarnya nanya gimana keadaan dia malam dengan seriusnya nanya "gimana perasaan lo z?"
-..-
ada urusan apa coba sama perasaan. tapi begitulah deboya, selalu meringankan ketegangan yang ada.
sayang banget sama mereka :')
semacam terharu gitu lah ~~

ah ya, ada satu orang lagi yang masuk list yang-harus-tau. langsung ditelpon habis z ngabarin. tapi karena waktunya barengan sama waktu susternya dateng mau cek darah jadi pas udah balik baru ngobrol lagi.

maaf ngebuat panik dan repot ya geng+1
maaf ngebuat khawatir ya ma
maaf maaf maaf
semakin sayang semuanya ({})

plesternya terlalu kuat, sampai sekarang
masih belum bisa dilepas :(

hasil lab dan surat rujukan buat senin periksa lagi -..-

get well soon Nn. Maresta Aziati (18tahun 7bulan 30hari)
Santo Borromeus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kado

baru pulang nganterin biank -my blue notebook- ke customer service nya di gatsu tadi. ditemenin sama murobbiah yang baik hati. nyampe dikosan langsung mendadak mellow. belum berapa jam, kosan udah jadi sepi bangeet tanpa biank , ini aja ngeblog pake laptop nya Geu :'( selama seminggu gabisa liat biank, gabisa nonton, gabisa donlod running man dan barefoot friends, gabisa denger playlist gabisa ngerjain paper opa dan gabisa gabisa lainnya. sedih banget, tapi gapapa demi kesehatan biank kedepannya. really miss my lovely biank {} .  kado tampak depan tadi murobbiah yang baik hati ngasih kado ulangtahun, yang udah disiapin lebih dari sebulan yang lalu. tapi karena kitanya jarang banget ketemu akhir akhir ini jadi kado manis itu belum sempat berpindah tangan. dan kado nya lucuuu, jadi sedihh *loh* kertas kado nya sampe udah lecek banget saking udah lama nya tergeletak pasrah di mobil. tapi tentu ga ngurangin esensi ukhuwahnya dan absolutely esensi isi kadonya, tetep cantiik. yip

ala Chef

Hi! Akhirnya update blog lagi. Btw, hari ini masak. Yah biasa sih, kalau dirumah emang harus masak sendiri, karena Mama kerja, pulangnya baru sore, jadi kalau mau makan sesuatu yang masih anget ya masak sendiri. Nanti z ceritain masak apa hari ini. jari luka Tadi waktu masak ada drama! darah di cangkang telor Jadi tadi mau motong jeruk nipis, karena masaknya di toko dan gak ada talenan (alas buat motong) jadi sok-sok an motong sambil megang jeruk nipisnya, terus yah alih-alih motong jeruk nipis malah motong jari telunjuk ^^ Langsung berdarah. Sebenernya luka nya gak begitu dalam, tapi Z  biasanya kalau luka, darahnya susah berhenti. Padahal papa udah bilang, motongnya di meja aja, dialas pakai plastik. Nanti luka jarinya. Dan kejadian. Karena malu, meskipun perih langsung ditutup pakai tissue. Masih sok-sok an gamau bilang, udah ngabisin dua tissue penuh darah segar dan darahnya sampai tumpah ke cangkang telor, terus dialirin air yang banyak banget, tetep aja darahnya

Zia, pekerjaan dan teman.

Tampaknya satu-satunya alasan Zia masih bersosialisasi dan berhubungan dengan orang-orang ditempat kerja adalah bu Siska. Karena masih ada bu Siska. Karena masih punya tempat kembali untuk berkeluh kesah atau sekedar membahas kejadian bersama orang-orang diluar sana. Karena masih ada sosok yang setipikal dan sama, maka apapun yang kita bahas akan mendatangkan pemahaman yang sama tanpa perlu effort lebih untuk menjelaskan terlalu detail. Atau dalam bahasa singkatnya : hubungan mode hemat energi. Jadi bukan masalah besar harus menghadapi orang-orang diluar sana karena toh masih ada tempat untuk recharge energi karena rasa lelah setelahnya. Namun tentu perasaan yakin yang aku tulis diatas baru terasa saat sampai waktunya kita berpisah. Terdengar egois karena seperti Zia kehilangan tempat recharge energi nya, terbaca seperti ini hanya rasa sedih sepihak yang dipaksakan. Entah apa bu Sis merasakan hal yang sama. Semoga apapun yang terjadi diluar sana akan menjadi hal-hal baik untuk bu Sis d